Review Film Midway 2019 By Ekawati

Dec 16,2019
Film Midway merupakan kisah sebelum dimulainya perang dunia kedua. Film ini disutradai oleh Roland Emmerich yang tayang di bioskop Indonesia sejak tanggal 8 November 2019.

Plot
Jepang diam diam mengabarkan kepada personel Amerika , bahwa mereka akan mengambil tindakan jika pasokan minyak milik mereka merasa terancam. Serangan ini telah diprediksi Edwin Layton (agen pengintai AS) , tetapi diragukan oleh semua pimpinan anggota militer karena Amerika tidak menginginkan adanya peperangan. Akibatnya, AS mengalami kerugian besar.

Central Question
Hal yang membuat peretempuran itu terjadi karena Jepang merasa tidak terima jika Amerika bersikap netral karena pada saat itu Jepang ingin menguasai Asia Tenggara.
Pada akhirnya, Jepang melakukan serangan dengan meledakkan bom di pangkalan militer tebesar AS tepatnya di Pearl Harbour

Rising Tension
Jepang secara tiba tiba menyerang Amerika sehingga menyebabkan banyak berjatuhan korban jiwa. Anggota militer Amerika memulai menyusun strategi untuk melakukan serangan balik kepada Jepang. Upaya penyerangan yang dilakukan Amerika untuk melawan kapal induk Jepang mengalami kegagalan karena torpedo yang diluncurkan oleh Amerika gagal meledak.

Klimaks
Sementara itu, pesawat induk AS diluncurkan dalam upaya menghancurkan kapal induk Jepang. Jepang mengetahui keberadaam armada AS dan memilih untuk mempersenjatai kembali.

Resolution
Para pemimpin anggota militer Amerika memperkuat sisa anggotanya dengan cara memperkuat intelegensi dari angkatan udara dan laut serta memberikan kekuatan secara psikologis untuk semua anggota yang tersisa.
Pada saat Jepang mempersiapkan senjatanya untuk membalas Amerika, Amerika muncul dan menyerang secara tiba-tiba. Penyerangan terjadi di darat dan di laut.
Amerika akhirnya mampu menghancurkan kapal induk Jepang Akagi, Kaga dan Soryu, jepang hanya memiliki sisa kapal Hiryu. Beberapa serangan dari Jepang gagal menghentikan serangan dari Amerika. Sehingga membuat Jepang menyerah dari peperangan.

Symbol
Jepang memutuskan untuk menyerah dari peperangan dan menenggelamkan kapal induknya sebagai simbol jepang menyerah dari Amerika.

Universal Truth
Amerika yang awalnya merasa tergoyang dengan banyaknya korban anggota militer lalu berhasil memecahkan rasa kesal terhadap Jepang ini menggambarkan semangat bela negara dan cinta tanah air dan rasa optimisme.

KekuranganFilm ini memiliki alur yang lambat sehingga membuat penonton merasa bosan.
Dialognya yang serius juga membuat film ini terkesan kaku. ada juga beberapa dialog yang menggunakan kalimat yang kurang baik sehingga membuat film ini terkesan modern.

Kelebihan
Pada saat adu tembak antara amerika dan jepang terjadi, membuat rasa bosan penonton hilang karena adegan tersebut berlangsung sangat seru dan megharukan.
sehingga saya memberikan rating 3 dari 5 untuk film ini.

Ekawati Hariyanti 08841184014